10 Agustus 2009

Steak Trader Preference Toward the Purchasing on Local and Import Beef Cattle in Bandung

Ratna Kusumadewi
(Adjat Sudradjat, Nugraha Setiawan)

Abstract
This study was started in 16th until 24th June, 2009. The study about the steak trader preference toward the purchasing on local and import beef cattle was conducted in some restaurants which are located in Bandung city. The reason is to understand some attributes that are considered by the steak trader in Bandung on purchasing beef cattle and to know the preference of the steak trader in Bandung city toward local and import beef cattle.
The method used in this research is census. Datas are from primary data (observation and direct interview) and secondary data (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung;UPTD RPH Dinas Pertanian). The first analytical analysis is to find what are the attributes that are considered by the steak trader (valid), and followed by using Fishbein method in the second step.
The result of this study is that the attributes that are considered by the steak trader are price, the origin of beef cattle, freshness, color of beef, hygiene, typical aroma, texture, the amount and distribution of fat, and beef elasticity. After using the Fishbein method, the result is that the preference of the steak trader toward local and import beef cattle are the same, which is positive.
Keywords: Attributes, Import beef cattle, Local beef cattle, Steak trader, Preference.

Abstrak
Penelitian ini dimulai pada tanggal 16 sampai 24 Juni 2009. Penelitian mengenai preferensi pengusaha steak terhadap pembelian daging sapi lokal dan impor dilakukan di restoran dan warung steak yang berdomisili di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut apa saja yang menjadi pertimbangan para pengusaha steak di Kota Bandung dalam pembelian daging sapi dan untuk mengetahui preferensi pengusaha steak terhadap daging yang berasal dari sapi lokal dan impor.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah sensus. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari data primer (pengamatan dan wawancara langsung) dan data sekunder (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung;UPTD RPH Dinas Pertanian). Analisis tahap pertama dilakukan untuk mencari atribut-atribut daging sapi yang dipertimbangkan oleh para responden (valid), tahap selanjutnya dengan menggunakan model Fishbein.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa atribut-atribut yang menjadi pertimbangan para pengusaha steak adalah harga, asal daging sapi, kesegaran, warna daging, kebersihan, bau khas, tekstur, jumlah dan distribusi lemak serta keempukan daging. Hasil analisis dengan menggunakan model Fishbein adalah bahwa preferensi pengusaha steak terhadap daging sapi lokal dan impor sama, yaitu positif.
Kata Kunci: Atribut, Daging sapi impor, Daging sapi lokal, Pengusaha steak, Preferensi.

Tidak ada komentar: